Terpopuler
©2018 Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat
MUsage: 3.76 Mb - Loading : 0.29080 seconds
Follow SIPBM Email Facebook Google Twitter

Polman Menjadi Contoh Pendataan SIPBM

Berita Jum'at, 26 Jun 2015 14:06:58 - dibaca 8278 kali

20RPdYJ1eVS3.jpg


Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh beserta tiga kabupaten lainnya diwilayah itu melakukan studi banding terkait pelaksanaan Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (SIPBM) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar).

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M Adam itu melakukan studi banding terkait SIPBM di Polman karena dinilai telah berhasil melakukan pengolahan data SIPBM.

"Di Polman, pelaksanaan SIPBM dinilai berhasil. Makanya, kami datang untuk belajar dan ingin mengetahui seperti apa pengolahan data SIPBM nya," ujar Kepala DInas Pendidikan Aceh, Anas M Adam, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, keberhasilan pendataan SIPBM di Polman berhasil karena memiliki data pendidikan. Sehingga, Pemkab Polman dengan data SIPBM yang dimiliki mampu mengelola dan menghadapi segala persoalan pendidikan yang terjadi di daerah ini.

"Dengan studi banding kami, paling tidak pemerintah di Aceh kedepan akan mampu mengelola dan memiliki data SIPBM untuk menjawab segala permaslahaan di masyarakat terkait dengan persoalan pendidikan," harap Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas mengaku bahwa data pendidikan di Aceh, pemerintah mengalami kesulitan dalam sistem pendataan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, pendataan pada tingkat SD, SMP maupun SMA sudah agak membaik.

Anas juga menyampaikan bahwa, sistem pendataan pendidikan yang baik dan benar sangat dibutuhkan. Sebab, nantinya hal itu akan dibutuhkan dalam penyusunan RPJMD kedepan.

Bupati Polman, Ali Baal Masdar, yang menerima rombongan pemerintah aceh menyampaikan, kegiatan SIPBM di Polman dilaksanakan sejak 2004 silam. Tujuannya, untuk menjawab permasalahan yang dihadapi di bidang pendidikan, terutama terkait data.

Pendataan SIPBM di Polman difokuskan pada penuntasan wajib belajar (Wajar) dan pendidikan dasar sembilan tahun.

(ysw)

source: http://daerah.sindonews.com

 

Tag : #SIPBM #PAUD #Sistem Pendataan Anak
Bacaan Lainnya
Senin, 25 Dec 2017 16:19:14
Ayo Dukung Gerakan Kembali Ke Sekolah

"Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir sendiri memprediksi, 70 persen dari keluaran SMA/SMK nantinya akan...

Senin, 25 Dec 2017 16:14:34
Mendikbud Canangkan Gerakan Kembali ke Sekolah

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola...

Tentang SIPBM
Manfaat SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:39:24

Tujuan SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:36:56

Konsep Dasar SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:31:08

Kisah Sukses
Setelah Tiga Tahun, Ernia Akhirnya Rindu Bermain
On 14 Des 2011 at 10:45 WIB  Liputan6.com, Polewali Mandar: Masih ingat Hernia, gadis berusia 13 tahun yang merawat dan membesarkan empat adiknya seorang diri. Setelah tiga tahun lebih menghabiskan masa kecilnya dengan mengurus adik-adiknya layaknya orang tua, Ernia kini mulai merindukan masa-masa bermain layaknya anak-anak seusianya dan bebas...
Informasi Terbaru