Terpopuler
©2017 Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat
MUsage: 3.76 Mb - Loading : 0.38771 seconds
Follow SIPBM Email Facebook Google Twitter

Kota Banda Aceh Adopsi SIPBM Mamuju

Berita Rabu, 01 Jul 2015 06:31:46 - dibaca 6532 kali
16sipbm-mamuju.JPG

Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) yang telah diterapkan di Mamuju, akan diadopsi oleh Kota Banda Aceh. Selasa, 16 Juni 2015, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal bertandang ke Kabupaten Mamuju bersama timnya dari unsur Pemerintah Kota Banda Aceh, Yayasan Kata Hati Aceh, serta konsultan Unicef Perwakilan Aceh untuk mengetahui lebih jauh tentang penerapan SIPBM. Dalam kunjungannya, Wali Kota Aceh bersama tim berkunjung ke Polres Mamuju selaku pihak yang telah sukses mengimplementasi data SIPBM dalam program Gerakan Kembali Bersekolah.

Illiza Saaduddin mengakui mendapatkan informasi yang jelas saat bertemu dengan pihak Polres Mamuju. "Kami sangat berterimakasih, tadi kami sudah bertemu dengan pihak Polres, sudah dijelaskan mengenai data SIPBM dan Gerakan Kembali Bersekolahnya, Alhamdulillah, informasi yang sangat baik dan jelas kami dapatkan" tutur Illiza Saaduddin dalam acara Ramah Tamah antara tim Kota Banda Aceh bersama tim SIPBM Kabupaten Mamuju, di Dmaleo Hotel, Selasa (16/6) malam.

Menurut Illiza, membangun sinergitas antar daerah sangat penting. Tidak harus selalu membangun apa yang dimulai daerah sendiri, akan tetapi juga dapat banyak belajar dengan mengadopsi apa yang telah sukses di daerah lain. Begitupun di Kota Banda Aceh. Illiza mengatakan, apapun program yang dihasilkan oleh daerahnya merupakan program merah putih, yang mana semua daerah bebas mengadopsinya dan bebas biaya, sehingga dapat memajukan Indonesia bersama-sama. Bupati Mamuju, Dr. H. Suhardi Duka menyambut baik kunjungan Pemerintah Kota Banda Aceh bersama tim. Pada kesempatan yang sama, tak lupa Suhardi Duka sedikit menguraikan kelebihan SIPBM. Menurutnya, untuk dapat menciptakan perencanaan yang bagus juga tepat sasaran, satu-satunya jalan adalah melakukan pendataan yang berbasis masyarakat bukan berbasis sampel.

Olehnya itu, dengan SIPBM tersebut, masyarakat dilibatkan untuk melakukan pendataan di daerahnya masing-masing, sehingga dapat menentukan kriteria-kriteria yang ada ditengah-tengah lingkungannya sendiri. dengan demikian, untuk mendorong sektor pembangunan dalam bentuk berbagai instrumen yang dapat meningkatkan kesejahteraan, kita sudah menemukan orang yang sesungguhnya menjadi penerima urai Suhardi Duka. Dari itu, lanjutnya, meskipun APBD Mamuju terbilang kecil, namun Mamuju dapat melampau angka pertumbuhan ekonomi nasional dan provinsi dan menyusutkan angka kemiskinan, sebab adanya data yang akurat. (Hms-Dian Hardianti Lestari)

sumber : http://www.mamujukab.go.id/berita-217-kota-banda-aceh-adopsi-sipbm-mamuju.html

 

Tag : #SIPBM #Mamuju #Banda Aceh

Berikan Komentar Anda

Bacaan Lainnya
Kamis, 16 Mar 2017 17:46:15
Data membangun Kualitas Pembangunan Desa

Berikut ini adalah arahan Dirjen PPMD Kemendesa,PDTT Prof. Ahmad Erani Yustika, pada kegiatan TOT pelatihan...

Kamis, 16 Mar 2017 17:35:07
Geliat Kampung Melek Data SIPBM Untuk Bangun Kampung Di Distrik Gresi Selatan Kabupaten Jayapura

Harapan adanya perubahan baru akan segera dirasakan, di Kampung-Kampung di Papua, terutama di Distrik Gresi Selatan...

Tentang SIPBM
Manfaat SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:39:24

Tujuan SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:36:56

Konsep Dasar SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:31:08

Kisah Sukses
Setelah Tiga Tahun, Ernia Akhirnya Rindu Bermain
On 14 Des 2011 at 10:45 WIB  Liputan6.com, Polewali Mandar: Masih ingat Hernia, gadis berusia 13 tahun yang merawat dan membesarkan empat adiknya seorang diri. Setelah tiga tahun lebih menghabiskan masa kecilnya dengan mengurus adik-adiknya layaknya orang tua, Ernia kini mulai merindukan masa-masa bermain layaknya anak-anak seusianya dan bebas...
Informasi Terbaru