Terpopuler
©2018 Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat
MUsage: 3.76 Mb - Loading : 0.72874 seconds
Follow SIPBM Email Facebook Google Twitter

UNICEF Mengapresiasi Program SIPBM di Mamuju

Berita Jum'at, 26 Jun 2015 14:16:40 - dibaca 6900 kali


MAMUJU,PAREPOS -- Lembaga Internasional United Nations International Children's Emergency Fund (Unicef) menilai Kabupaten Mamuju merupakan daerah yang memiliki potensi yang baik. Selain itu, Unicef memiliki program-program yang bisa dijadikan contoh daerah lain seperti Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM). Hal tersebut diungkapkan Perwakilan Unicef di Bidang Pendidikan di Mamuju, Muhummad Zakir Akbar, pada pelatihan fasilitator kecamatan, dsa /kelurahan tentang pelaksanaan program SIPBM, di hotel Berkah, Sabtu 21 Februari. Pemda Mamuju bekerjasama Unicef mengembangkan SIPBM di wilayahnya.

Program SIPMB merupakan sistem relasi pencatatan kelahiran. "Keberhasilan Mamuju ini dapat terus dipertahankan sehingga bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia, mengembangkan sistem pencatatan kelahiran berbasis partisipasi masyarakat," katanya. Panita pelaksana SIPBM, Sri Ayuningsih, mengungkapkan pendataan yang baik dengan pelibatan masyarakat sehingga dibutuhkan peran fasilitator sebagai media atau penghubung dalam proses SIPBM di Mamuju. "SIPBM menyempurnakan sektor data yang telah ada agar program pembangunan bisa sampai ke level desa." Wakil Bupati Mamuju Ir H Bustamin Bausat, mengapresiasi dan mendukung program Unicef. Menurutnya, penentu kebijakan akan lebih mudah membuat suatu kebijakan berdasarkan data yang valid dan akurat. "SIPBM memuat data yang akurat dan valid. Data ini, modal dasar dalam membuat suatu kebijakan. Jika data kurang baik, maka akan berimbas pada penentuan kebijakan yang kurang maksimal," kata Bustamin. (yus/ril/b)

Sumber : PAREPOS
Ilustrasi : antarasulsel.com

Tag : #SIPBM #UNICEF #Success Story
Bacaan Lainnya
Senin, 25 Dec 2017 16:19:14
Ayo Dukung Gerakan Kembali Ke Sekolah

"Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir sendiri memprediksi, 70 persen dari keluaran SMA/SMK nantinya akan...

Senin, 25 Dec 2017 16:14:34
Mendikbud Canangkan Gerakan Kembali ke Sekolah

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola...

Tentang SIPBM
Manfaat SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:39:24

Tujuan SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:36:56

Konsep Dasar SIPBM
Selasa, 30 Jun 2015 06:31:08

Kisah Sukses
Setelah Tiga Tahun, Ernia Akhirnya Rindu Bermain
On 14 Des 2011 at 10:45 WIB  Liputan6.com, Polewali Mandar: Masih ingat Hernia, gadis berusia 13 tahun yang merawat dan membesarkan empat adiknya seorang diri. Setelah tiga tahun lebih menghabiskan masa kecilnya dengan mengurus adik-adiknya layaknya orang tua, Ernia kini mulai merindukan masa-masa bermain layaknya anak-anak seusianya dan bebas...
Informasi Terbaru